FORUM GENERASI ISLAM

SELAMAT DATANG DI FORUM GENERASI ISLAM, BERDIRI DI ATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN DGN IZIN DARI ALLAH SWT
 
IndeksTOP POTERSCalendarGalleryFAQPencarianGroupPendaftaranLogin
< class="" height="25">
Pencarian



Display results as :

Rechercher Advanced Search
< class="" height="25">
Latest topics
Buy generic cialis online now
Thu Aug 04, 2011 11:25 am by

ubiquitous
Thu Aug 04, 2011 6:45 am by

hotele w polsce nad morzem
Wed Aug 03, 2011 6:17 pm by

No Good Pills Org Website
Wed Aug 03, 2011 3:17 pm by

free video bonus slots online
Wed Aug 03, 2011 12:14 pm by


Wed Aug 03, 2011 9:35 am by


Wed Aug 03, 2011 9:20 am by


Wed Aug 03, 2011 4:51 am by

Post-Traumatic Stress Disorder Associated With More, Longer Hospitalizations
Wed Aug 03, 2011 3:50 am by

< class="" height="25">
Forum
< class="" height="25">
Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
< class="" height="25">
Poll
< class="" height="25">
Affiliates
free forum

KAIDAH-KAIDAH FIQHIYAH (QOWAIDUL FIQH)

Topik sebelumnyaTopik selanjutnyaGo down
Pengirim Message
blok_underground
Admin
Admin


Male
Age: 28 Registration date: 12.09.08 Jumlah posting: 58 Lokasi: mesir hobbies: baca buku dan mengarungi dunia islam

PostSubyek: KAIDAH-KAIDAH FIQHIYAH (QOWAIDUL FIQH) Mon Sep 15, 2008 10:40 pm

القواعد الفقهيـة
Qowa'idul fiqhiyyah

الحمد
لله رب العالمين، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريط له، وأشهد أن
محمدًا عبد الله ورسوله وصفيّه وخليله، نشهد أنَّه بلغ الرسالة وأدى
الأمانة ونصح الأمة وجاهد في الله حق الجهاد، صلّى الله وسلّم وبارك على
نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداهم إلى يوم الدين.
أمَّا بعد

Setelah
tahmid dan salam ( diatas pent. ) dalam kesempatan ini ana akan
berusaha sedikit-demi sedikit ( insya allah ) menukilkan " qaidah
syariyyah dari qaidah fiqhiyyah muyassaroh / qaidah-qaidah fiqih yang
mudah " yang telah digoreskan oleh ulama' dari generasi salafus sholeh
terdahulu ataupun sekarang, sehingga kita semakin mengenal akan
qaidah-qaidah syar'iiyah yang di atasnya di bangun agama ini serta
dalam istimbat hukum, dan mempermudah bagi kita untuk memahami agama
ini ( isnya ALLAH ), & kitapun beragama dengan qaidah dan ilmu
karena makna ilmu mengetahui kebenaran dengan dalilnya
لِأَنَّ اَلْعِلْمَ: مَعْرِفَةُ اَلْحَقِّ بِدَلِيلِهِ
bukan
hanya sekedar akal-akalan & memperturutkan hawa nafsu sebagaimana
kata imam ali RA tatkala mensikapi perintah rasulullah untuk mengusap
sepatu bagian atas bukan bagian bawahya bagi orang yang berwudhu
memakai sepatu jika musafir (ataupun lainya misal musin dingin pent )
belaiau berkata :
لو الدين براء لمســـح اصفــل خفين أفضال من اعلاها
Seandainya
agama ini dengan akal-akalan sungguh mengusap 2 sepatu bagian bawahnya
( tatakala berwudhu) lebih utama dibanding bagian atasnya.( bisa di
lihat di kutaib ta'dimus sunnah )
bagi siapun pembaca yang
ingin berpartisipasi dalam tread ini fal yatafadhal ( kami persilahkan
) , namun ana harapkan untuk tidak memperpanjang dalam berdiskusi
masalah-masalah lainya karena tread ini sengaja ana kemukakan disini
untuk mengemukakan qoidah fiqih yang mudah kita cerna bukan
memperdebatkanya namun untuk menambah perbendaharaan ilmu syar'iiyah
sekalian muraja'ah bagi ana khususnya terhadap ilmu yang telah ana
pelajari dahulu kala di ma'had baik secara hapalan ataupun tulisan
tatkala di indonesia hingga saat ini di saudi arabia, dan ini ana
nukilkan dari beberapa kitab karangan ulama diantaranya :

قواعد القواعد لشيـــخ صالح بن عبد العزيز آل الشيخ
منظومة القواعد الفقهية للعلامة عبد الرحمن بن ناصر السعدي رحمه الله
رسالة لطيفة في أصول الفقه للعلامة عبد الرحمن بن ناصر السعدي رحمه الله
ملخص القواعد الفقهية إعداد أبو حميد عبد الله بن حميد الفلاسي
مذكرة
أصول الفقه على روضة الناظر للعلامة ابن قدامة رحمه الله تأليف الشيخ
محمد الأمين بن المختار الشنقيطي رحمه الله صاحب أضواء البيان
منظومة القواعد لشيخ صالح العثيمن
Kembali Ke AtasGo down
Lihat profil user http://generasi-islam.foruminute.com
blok_underground
Admin
Admin


Male
Age: 28 Registration date: 12.09.08 Jumlah posting: 58 Lokasi: mesir hobbies: baca buku dan mengarungi dunia islam

PostSubyek: Re: KAIDAH-KAIDAH FIQHIYAH (QOWAIDUL FIQH) Mon Sep 15, 2008 10:44 pm

LANJUTANNYA DARI YG ATAS :

Ataupun kitab-kitab yang lainya insya allah

Adapun untuk kitab
yang pertama ( qowaid al qowaid ) ana cuman menukilkan makna & arti
qowaid/qaidah karena kitab ini banyak membahas qaidah secara umum
terutama dalam masalah manhaj ( dan munkin juga ana nukilkan disini
insya allah ) adapun jika ada yang salah baik terjemahan & tulisan
sebagai manusia biasa ana mohon maaf yang tiada terkira & mohon di
koreksi, sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadist
الانســـان محــل الخطاء و النسيان و خير الخطاء التوبــون
Sesunggunya manusia itu tempatnya salah dan lupa sebaik-baiknya kesalahan adalah dengan bertaubat kepada ALLAH.
jika ada benarnya itu datangnya dari ALLAH semata sebagiamana firmaNya :
الحق من ربــك فلا تكونن من الممترين
Sesungguhnya kebenaran itu datang dari ALLAH maka janganlah engkau bimbang & ragu
Sebelumnya sedikit kita nukilkan penjelasan makna qowaidul fiqhiyyah secara ringkas..

Makna al qowai'd
لغـــة
القواعد
عرَّفها أهل العلم بأنها جمع قاعدة، والقاعدة ما يُبنى عليها غيرها، قاعدة
الشيء ما يبنى عليها غيرها. بمعنى : (و زيادة مني ) الاساس مثلا قاعدة
العمارة أو القانون أو المبداء مثلا : قاعدة البلاد أو الحكومـــة

Secara bahasa :
Kata :"qawa'id" sebagaimana dijelaskan oleh ahlul ilmi " dia adalah jama dari kata"qaidah " dan maknanya adalah : apa-apa
yang dibangun diatasnya sesuatu yang lain ( lihat qowaidul qowaid hal :
4 ) adapun tambahan dari saya sendiri: artinya pondasi / dasar misal
jika dikatakan قاعدة العمارة / qoidatul imaroh artinya pondasi bagunan, bisa juga bermakna : prinsip dan asas ( metode/peraturan) , misal قاعدة البلاد أو الحكومــة / qoidatul bilad au hukumah artinya prinsip /peraturan negara atau pemerintah.


اصطلاحا
ولهذا قالوا إنّ تعريف القاعدة عند أهل الاصطلاح: أنها أمر كليّ ترجع إليه فروع كثيرة.
وقال بعضهم: إنّ القاعدة أمر أغلبيّ ترجع إليه فروع كثيرة.
ونفهم من هذا التعريف أنّ القاعدة عبارةٌ تجمع قلة في الألفاظ لكن يدخل تحتها صور كثيرة؛ لأنّ القاعدة موضوعة لجمع الفروع المختلفة.

ARTI SECARA ISTILAH :
Untuk itu berkata ahlul ilmi adapun qaidah secara istilah syar'ii adalah : perkara yang menyeluruh ( universal ) yang di kembalikan kepadanya cabang-cabang yang banyak.Dan berkata sebagian yang lain : qoidah
adakah perkara yang menyeluruh dikembalikan kepadanya cabang-cabang
yang banyak, maka dari uraian tersebut bahwasanya makna qaidah adalah :
sebuah ungkapan yang terdiri dari beberapa kata akan tetapi masuk
didalamnya pembahasan yang luas, karena sesunggunya pembahasan inti
dari qaidah adalah untuk mengumpulkan cabang-cabang yang berbeda-beda.(
ibid 4 )
Kembali Ke AtasGo down
Lihat profil user http://generasi-islam.foruminute.com
blok_underground
Admin
Admin


Male
Age: 28 Registration date: 12.09.08 Jumlah posting: 58 Lokasi: mesir hobbies: baca buku dan mengarungi dunia islam

PostSubyek: Re: KAIDAH-KAIDAH FIQHIYAH (QOWAIDUL FIQH) Mon Sep 15, 2008 10:45 pm

LANJUTANNYA DARI YG ATAS :

Makna fiqh

Secara bahasa : dari kata : فَقِهَ يفقه فقها artinya : mengerti, memahami, pemahaman maka jika dikatakan :
فقِّهَــهُ و أَفـقـــهَهٌ أي ذكَّّره artinya : memahamkannya / mengajarkan dan mengigatkannya , pegetahuan & pengertian & kepandaian ( الفطنــة ) sebagaiman doa nabi kepada ibnu abbas :

الهــم فقِّهـــهٌ فــي الديــــن
" ya allah pahamkanlah dia kepada ilmu agama "
maka jika dikatakan : تَفَـــقّه : تعلم الفقـــه tafaqqahu = mempelajari ilmu fiqh
atau الفقـــه : علــم احــكام الشــرعيـــة fiqh adalah = ilmu hukum syariat ( istilahnya)

Maka orang yang pinter dan mendalami hukum syariat di sebut :
الفَــقُــهُ و الفـقيـــــه و جمعــه : فُــقــهــاء أي من كان شديـــد الفهــــم
Al faquh atau al faqih dan jamaknya ; fuqoha' artinya orang yang sangat cerdas dalam pemahaman.

وَالْفِقْهَ:
مَعْرِفَةُ اَلْأَحْكَامِ اَلشَّرْعِيَّةِ اَلْفَرْعِيَّةِ بِأَدِلَّتِهَا
مِنْ اَلْكِتَابِ، وَالسُّنَّةِ، وَالْإِجْمَاعِ، وَالْقِيَاسِ
اَلصَّحِيحِ ِ ( ) .مقدمة مَنْهَـــجُ اَلسَّالِكِــــينَ

adapun
mana fiqh secara istilahi adalah : mengetahui hukum-hukum syari'at
serta cabangya dengan dalil dari kitab dan sunnah dan ijma' serta qiyas
yang shohih.[/
b]

و
جاء الإمام العز بن عبد السلام -رحمه الله- المتوفى سنة ست وستمائة، فألف
كتابه: "قواعد الأحكام في مصالح الأنام"، وكان من أوائل الكتب المؤلفة في
القواعد الفقهية، فاحتذى العلماء بعده حذوه، فألفوا مؤلفات عديدة في هذه
القواعد
Dan adalah al imam al izzi bin abdus salam semoga
allah merahmatinya- bwliau wafat thn 606 H dan beliau mengarang kitab "
qowaidul ahkam fi masolohil anam " dan kitab ini termasuk salah satu
kitab yang pertama di tulis tentang qowaidul fiqhiyyah, maka setelah
itu para ulama mengikuti jejak beliau dan mulailah mereka mengarang
kutub dalam masalah qiwaidul fiqhiyyah.

MANFAAT YANG BISA DIAMBIL DARI BERPEGANG DENGAN KETENTUAN-KETENTUAN DAN KAIDAH-KAIDAH INI

PERTAMA :
Bahwasanya memperhatikan ketentuan-ketentuan dan kaidah-kaidah tersebut
akan menjaga gambaran seorang muslim dari hal-hal yang tidak sesuai
dengan syariat dan sekaligus memantapkan pikirannya tentang gambaran
tersebut.

Telah dimaklumi bahwa seorang muslim apabila
menghadapi suatu masalah tanpa dhobith dan kaidah akan terombang-ambing
didalam perbuatannya terhadap diri, mau pun keluarganya, masyarakat
serta umatnya. Dari sinilah kita mengetahui pentingnya
ketentuan-ketentuan dan kaidah-kaidah itu karena dia akan mengatur akal
seorang muslim didalam gambaran-gambarannya yang merupakan sumber dari
perbuatannya didalam diri, keluarga, ataupun masyarakatnya.
Kembali Ke AtasGo down
Lihat profil user http://generasi-islam.foruminute.com
blok_underground
Admin
Admin


Male
Age: 28 Registration date: 12.09.08 Jumlah posting: 58 Lokasi: mesir hobbies: baca buku dan mengarungi dunia islam

PostSubyek: Re: KAIDAH-KAIDAH FIQHIYAH (QOWAIDUL FIQH) Mon Sep 15, 2008 10:50 pm

KEDUA : Kemudian didalam memperhatikan ketentuan-ketentuan dan
kaidah-kaidah tersebut ada manfaat yang lain yaitu dia akan menjaga
seorang muslim dari kesalahan, karena kalau dia berjalan hanya
berlandaskan diatas pendapatnya saja didalam menghadapi apa yang dia
temui atau dalam menghadapi suatu masalah, jika telah tampak dan
mencari jalan keluar dengan mengandalkan akal pikirannya saja tanpa
peduli dengan Dhowabith serta kaidah-kaidah Ahli sunnah wal jama'ah
maka dikhawatirkan akan terjerumus kedalam kesalahan dan jika itu
terjadi maka akan berakibat fatal karena kesalahan ini akan bercabang
dan berkembang dan mungkin juga bertambah.

Dhowabith dan
kaidah-kaidah ini apabila kita berpegang teguh kepadanya akan kita
dapati banyak sekali manfaatnya, sebab dia akan menjaga kita dari
kesalahan. Mengapa bisa demikian? Karena siapakah yang membuat
Dhowabith dan kaidah-kaidah tersebut? Yang membuatnya adalah Ahlu
sunnah wal jama'ah berdasarkan dalil-dalil. Maka barangsiapa berjalan
dibelakang dalil dan mengikuti ahlu sunnah wal jama'ah maka dia tidak
akan menyesal selamanya.

KETIGA : Termasuk dari faedah
mengikuti Dhowabith serta kaidah-kaidah itu adalah bahwasannya dia akan
menyelamatkan seorang muslim dari dosa, sebab jika dia berjalan hanya
berlandaskan kepada akal pikirannya saja dan kamu juga seperti itu dan
kamu sangka ini adalah benar tanpa peduli terhadap Dhowabith serta
kaidah-kaidah tersebut maka sesungguhnya kamu tidak akan bisa selamat
dari dosa, karena kamu tidaklah tahu apa yang akan terjadi akibat dari
perkataan serta perbuatanmu jika kamu berjalan hanya berlandaskan akal
pikiran saja atau perasaanmu yang kau kira itu benar.

Adapun
apabila kamu mengambil sesuai dengan apa-apa yang ditunjukkan oleh
dalil dari Dhowabith dan ushul yang global maka kamu akan selamat dari
dosa -insya Allah dan Allah Azza wa Jalla akan mengampunimu karena
kamu berjalan sesuai dengan dalil dan sungguh baik orang yang mengambil
dalil sebagai pedomannya. Oleh karena itulah wahai saudaraku- telah
jelas bagi kita keharusan untuk meng ambil Dhowabith serta
kaidah-kaidah yang akan datang penjelasannya.

Ini adalah
sekelumit makna ushul fiqh secara ringkas serta sejarahnya bagi yang
ingin mendalami secara sunguh-sungguh kami persilahkan untuk menela'ah
kutub para ulama diantaranya yang ana sebutkan diatas. Dalam menuliskan
serta menukilkan qoidah fiqhiyyah ini ana tuliskan teks indonesianya
setelah tulisan arab untuk mempermudah bagi yang ingin menghapalnya
namun tidak bisa membaca arab gundul , dan sebagian juga ana nukilkan
suatu qaidah inti isinya sama namun berbeda redaksi seperti misal bisa
lihat qaidah yang pertama, marilah kita mulai masuk kepada usul
& kaidah fiqhiyyah kita mulai ;
Kembali Ke AtasGo down
Lihat profil user http://generasi-islam.foruminute.com

KAIDAH-KAIDAH FIQHIYAH (QOWAIDUL FIQH)

Topik sebelumnyaTopik selanjutnyaKembali Ke Atas
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum: Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM GENERASI ISLAM ::  ::  -
Free forum | © phpBB | Free forum support | Report an abuse | Create a blog